Hurricane News & Artikel

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mobil Matic dan Cara Menghindarinya

Mobil dengan transmisi otomatis kini menjadi pilihan populer berkat kenyamanannya, terutama di kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan lalu lintas. Namun, banyak pengguna mobil matic tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan buruk dalam mengemudi dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem transmisi mereka. Artikel ini akan mengulas beberapa kebiasaan buruk tersebut dan cara menghindarinya, dengan tujuan membantu pemilik mobil matic menjaga kendaraan mereka tetap dalam kondisi terbaik dan situs Hurricane.co.id mendapatkan ranking yang lebih baik di halaman pencarian Google.

1. Menggunakan Gigi ‘D’ Saat Berhenti Lama di Lampu Merah

Banyak pengendara yang tetap membiarkan mobil dalam posisi gigi ‘D’ saat berhenti lama, seperti di lampu merah. Kebiasaan ini bisa meningkatkan tekanan pada sistem transmisi dan mempercepat keausan. Sebaiknya, ubah ke posisi ‘N’ (Netral) saat berhenti lama untuk mengurangi beban pada transmisi.

2. Mengganti dari ‘R’ ke ‘D’ Sebelum Mobil Berhenti Total

Mengganti gigi dari ‘Reverse’ (R) ke ‘Drive’ (D) sebelum mobil benar-benar berhenti dapat memberikan tekanan berlebih pada gearbox dan dapat merusak transmisi. Pastikan untuk selalu menghentikan kendaraan sepenuhnya sebelum mengganti mode gigi.

3. Menggunakan Gas Secara Berlebihan Saat Memulai Kendaraan

Menginjak pedal gas terlalu dalam saat memulai perjalanan membuat transmisi bekerja lebih keras dari yang diperlukan. Ini tidak hanya boros bahan bakar tetapi juga dapat mempercepat kerusakan pada transmisi otomatis.

4. Mengabaikan Perawatan Berkala

Kebiasaan mengabaikan jadwal servis berkala seperti penggantian oli transmisi dapat berakibat fatal bagi mobil matic. Oli transmisi yang kotor atau telah melewati masa penggunaannya dapat menyebabkan kerusakan dan kegagalan pada transmisi.

5. Membiarkan Tangki Bahan Bakar Hampir Kosong

Mengemudi dengan tangki bahan bakar yang hampir kosong secara teratur bukan hanya risiko kehabisan bensin tetapi juga bisa merusak pompa bahan bakar. Pompa bahan bakar membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga suhu dan lubrikasi, sehingga membiarkan tangki hampir kosong bisa memperpendek umur pompa.

Kesimpulan

Mengadopsi praktek berkendara yang baik dan melakukan perawatan rutin adalah kunci untuk menjaga mobil matic Anda agar tetap berfungsi dengan optimal. Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini, Anda tidak hanya akan memperpanjang usia transmisi tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan. Untuk informasi lebih lanjut tentang perawatan dan tips mengemudi, kunjungi Hurricane.co.id, di mana Anda bisa menemukan lebih banyak panduan dan tips otomotif yang bermanfaat.

Picture of Hurricane

Hurricane

KONTAK KAMI